Uji Laboratorium Mekanika Batuan Menggunakan Metode Unconfined Compressive Strength (Ucs) Pada Batuan Inti (Core) Batu Pasir

  • Arief Rahman Akademi Minyak dan Gas Balongan
  • Fajar Nugraha Muhyiddin Akademi Minyak dan Gas Balongan

Abstract

Elastisitas (modulus Young) batuan adalah suatu sifat mekanik yang menggambarkan seberapa besar nilai yang dimiliki suatu batuan untuk bertahan sebelum terjadinya deformasi. Poisson’s ratio merupakan nilai perbandingan antara regangan aksial dan elastisitas yang dimiliki batuan yang mampu menggambarkan litologi batuan dalam formasi. Metode Unconfined Compressive Strength (UCS) yaitu salah satu metode pengujian mekanika batuan dengan cara menekan batuan dari satu arah (horisontal) hingga batuan mengalami keruntuhan atau fracture. Metode ini dilakukan dalam desain Hydraulic Fracturing. Sampel yang digunakan yaitu sampel batuan inti batu pasir dengan syarat panjang (L)/ diameter (D) = 2. Pengolahan data dilakukan dengan melakukan perhitungan dari hasil pembacaan data perubahan panjang (ΔL) dan diameter (ΔD), dan tegangan (σ), untuk mendapatkan nilai dari tiap sampel, yaitu: ɛlateral, ɛaksial, ɛvolumetrik, Poisson’s Ratio, Young’s Modulus. Berdasarkan hasil pengukuran dan pengolahan data, didapatkan nilai tegangan UCS rata-rata yaitu 7,71 Mpa, dan Tegangan elastisitas rata-rata yaitu 6,23 Mpa. Sedangkan nilai Modulus Young rata-rata yaitu 1,15 Gpa, dan Poisson’s Ratio yaitu 0,24. Jenis litologi dari 6 sampel batuan secara keseluruhan dapat diinterpretasikan sebagai Soft Sandstone.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 30, 2018
How to Cite
RAHMAN, Arief; MUHYIDDIN, Fajar Nugraha. Uji Laboratorium Mekanika Batuan Menggunakan Metode Unconfined Compressive Strength (Ucs) Pada Batuan Inti (Core) Batu Pasir. Jurnal Migasian, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 35-41, dec. 2018. ISSN 2615-6695. Available at: <http://ojs.akamigasbalongan.ac.id/index.php/jurnal-migasian/article/view/44>. Date accessed: 14 dec. 2019. doi: http://dx.doi.org/10.36601/jurnal-migasian.v2i2.44.