Simulasi Model Reservoir untuk Pengembangan Lapangan Basement Rekah Alami dengan Distribusi Porositas dan Permeabilitas yang Dikontrol oleh Konektivitas Jaringan Rekahan di Blok J, Lapangan Val, Cekungan Sumatera Selatan

  • Rainier Valentino Joseph Akademi Minyak dan Gas Balongan

Abstract

Reservoir basement rekah alami, memiliki kondisi dimana keterdapatan hidrokarbon cenderung terletak pada jaringan rekahan dengan skala dimensi yang bervariasi. Tipe reservoir ini memiliki tingkat evaluasi yang lebih rumit dibandingkan dengan reservoir konvensional. Simulasi model geologi pada reservoir basement rekah alami harus memiliki pemahaman tentang karakteristik rekahan; yang terdiri dari tipe, sebaran, kapasitas penyimpanan, dan kelakuan aliran antar pori; dan juga konektivitasnya di dalam reservoir yang terekah. Simulasi tersebut kemudian digunakan sebagai acuan teknis dalam pengembangan lapangan. Dari hasil simulasi tersebut diperoleh skenario pengembangan lapangan menggunakan 9 sumur dengan kontrol laju alir gas sebesar 30 MMSCFD dengan lama waktu produksi 20 tahun. Kumulatif produksi gas hasil pengembangan lapangan sebesar 1.78 TCF dengan recovery factor 72%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 29, 2019
How to Cite
JOSEPH, Rainier Valentino. Simulasi Model Reservoir untuk Pengembangan Lapangan Basement Rekah Alami dengan Distribusi Porositas dan Permeabilitas yang Dikontrol oleh Konektivitas Jaringan Rekahan di Blok J, Lapangan Val, Cekungan Sumatera Selatan. Jurnal Migasian, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 24-31, june 2019. ISSN 2615-6695. Available at: <http://ojs.akamigasbalongan.ac.id/index.php/jurnal-migasian/article/view/63>. Date accessed: 12 dec. 2019. doi: http://dx.doi.org/10.36601/jurnal-migasian.v3i1.63.