Pengaruh Konsentrasi Pelarut Dan Nisbah Bahan Baku Dengan Pelarut Terhadap Ekstraksi Kunyit Putih (Curcuma Zedoria (Christm Roscoe))

  • Ida Wati Institut Teknologi Nasional
  • Maya Ramadianti M Institut Teknologi Nasional
  • Zahra Andini Institut Teknologi Nasional
  • Raden Fasya A Institut Teknologi Nasional

Abstract

Indonesia merupakan Negara terbesar setelah Brazil yang kaya akan tanaman obat, kaya keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia dengan lebih dari 30 ribu spesies tanaman berkhasiat sekitar 180 spesies diantaranya yang telah dimanfaatkan sebagai tanaman obat tradisional oleh industri obat tradisional Indonesia. Kunyit putih (Curcuma zedoaria(Christm.)Roscoe) merupakan salah satu tanaman berkhasiat dapat diolah menjadi pengobatan herbal memiliki kandungan kurkuminoid. Kurkuminoid yang terdapat pada kunyit putih dapat diperoleh dengan proses ekstraksi metode sokletasi. Penelitian ini bertujuan untuk menetukan faktor-faktor yang paling berpengaruh pada proses ekstraksi kurkuminoid yaitu konsentrasi pelarut, nisbah kunyit putih dengan pelarut dan lama waktu ekstraksi. Kunyit Putih diekstraksi menggunakan pelarut etanol 70% dan 96%, dengan perbandingan nisbah bahan baku dengan pelarut 1:6 dan 1:8. Rimpang kunyit putih diekstrak dengan variasi selama 5, 9, 13 dan 17 jam. Parameter yang akan diteliti antara lain %yield, kadar kurkuminoid , konentrasi kurkumin dan uji metabolit sekunder. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh yield terbesar 12,56 % waktu 13 jam, konsentrasi terbesar 0,3290 ppm pada waktu 17 jam dengan pelarut etanol 1:8 konsentrasi 96%. Faktor paling berpengaruh terhadap perolehan yield interaksi antara konsentrasi dengan nisbah bahan baku dan produk pada konsentrasi 70% dan nisbah bahan baku pelarut 1:6. Faktor berpengaruh nyata terhadap perolehan konsentrasi kurkumin waktu ekstraksi dengan lama ekstraksi 17 jam. Senyawa metabolit sekunder dalam kunyit putih 
mengandung flavonoid.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 29, 2019
How to Cite
WATI, Ida et al. Pengaruh Konsentrasi Pelarut Dan Nisbah Bahan Baku Dengan Pelarut Terhadap Ekstraksi Kunyit Putih (Curcuma Zedoria (Christm Roscoe)). Jurnal Migasian, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 41-45, june 2019. ISSN 2615-6695. Available at: <http://ojs.akamigasbalongan.ac.id/index.php/jurnal-migasian/article/view/65>. Date accessed: 14 dec. 2019. doi: http://dx.doi.org/10.36601/jurnal-migasian.v3i1.65.